Peluang Bisnis Online

Right Man In The Right Place And The Right Time

Share on :
Pernah mendengar istilah " right man in the right place and the right time"? Jika ya, pernahkah Anda mengalaminya? Perpaduan ketiganya, sudah pasti akan menghasilkan keuntungan berlipat. Bagaimana cara memaksimalkannya?

Beberapa kali melintas di seputar Senayan Jakarta, tepatnya di seputaran depan gedung DPR/MPR, suasananya seringkali sepi. Aman dan damai. Tapi bandingkan saat ada demonstrasi. Saat ribuan orang menyampaikan aspirasinya, seputaran daerah tersebut pasti segera diramaikan pula oleh para pedagang kaki lima. Mulai dari minuman ringan, makanan kecil, hingga gerobak penjaja bakso atau mie sering kali ikut datang menyerbu. Bukan untuk ikut berdemo, tapi untuk mengais rejeki limpahan dari para pendemo yang kehausan atau kelaparan. Pernah suatu kali iseng saya bertanya, berapa omset mereka? Naik lebih dari 3 kali lipat dari hari biasa! Bahkan tak jarang, dalam demo yang hanya beberapa jam, sudah berhasil meludeskan dagangan yang biasanya butuh dijual seharian.

Kasus lain saya pernah berbincang dengan promotor kenamaan dari Java Musikindo, Andrie Subono. Pernah suatu kali, di awal-awal menjadi promotor, ia menyelenggarakan pagelaran musik yang secara hitung-hitungan di atas kertas bakal mendatangkan banyak penggemar. Ternyata, karena berdekatan dengan hari ujian, penontonnya jauh dari harapan. Sungguh pembelajaran yang amat mahalyang membuat Andrie dengan tegas menyebut: "Sejak itulah gua perhatikan betul tanggal-tanggal penting kalau mau mengadakan konser!"

Bagaimana dengan contoh tentang falsafah right man? Banyak kisah perusahaan-perusahaan lokal dan internasioanal yang bisa jadi pembelajaran. Steve Jobs, sang pendiri Apple Inc,pernah dipecat oleh perusahaannya sendiri. Sejak saat itu, Apple terus merosot, seperti kehilangan roh. Sementara, Steve Jobs, melakukan "balas dendam" dengan membuktikan bahwa ia akan berhasil membangun entitas bisnis baru, yang kala itu dirintisnya dengan mendirikan Pixar, sebuah studio animasi yang menggebrak dengan film Toy Story. Dengan kesuksesannya itu, Jobs yang juga mendirikan perusahaan komputer NeXT, ditarik kembali ke Apple. Di tangannya sebagai right man ia berhasil mengembalikan kejayaan Apple dengan membuat iPod, iPhone, dan sekarang, iPad.

Itulah sekadar gambaran betapa penting untuk menjadi "Mr. Right". Kombinasi antar right man, right place dan right time akan memberikan hasil yang maksimal untuk bisnis apapun yang dijalankan. Tapi, apakah semudah itu mengombinasikan ketiganya agar bisa datang di saat yang bersamaan?

Berikut ini beberapa hal yang disarikan dari beberapa enterpreneur sehingga mereka bisa menjadi right-preneur dan bahkan akhirnya menggurita dengan bisnis yang dijalankannya...

1. Punya visi yang jelas
Salah satu orang yang memiliki visi yang sangat jelas dalam hidupnya adalah pengusaha papan atas, Bill Gates. Ia pernah bermimpi untuk menghadirkan komputer ke seluruh rumah tangga. Sebuah impian yang dianggap omong kosong saat itu. Namun, ia membuktikan, dengan visi yang pasti dan sangat jelas, ia tinggal mengembangkan apa yang ada. Sebab, bisa dikatakan, ia bukanlah orang yang menemukan sistem operasi DOS. Namun, dengan kecermatannya, ia berhasil menciptakan "celah" dalam waktu dan saat yang tepat sehingga bisa menciprakan Microsotf Windows hingga sebesar sekarang.

2. Segera lakukan tindakan dengan cepat dan tangkas
Wayne Barry, seorang pelatih sales ternama dari Australia mengatakan bahwa orang-orang sukses di dunia ini sudah pasti adalah orang-orang dengan kecepatan gerak untuk mengambil peluang yang luar biasa. Mereka bukan hanya bicara pada tataran ide, tapi mereka seger a merealisasikan ide tersebut menjadi nyata. Barry menyebut sebuah ide yang sangat bagus jika didiamkan saja selama 24 jam, maka kemungkinan terealisir hanya 50 persen. Namun, jika dalam seminggu hanya jadi wacana, maka kemungkinannya makin kecil, yakni hanya 2 persen. Dan, hanya bagi mereka yang segera mengambil tindakanlah yang akan menikmati hasil seperti yang diidamkan, meski pasti juga mengalami banyak halangan dan rintangan.

3. Kembangkan hubungan dengan komunitas
Kevin Rose, pendiri jejaring sosial, Digg, menyebutkan bahwa salah satu kunci untuk mendapatkan saat, tempat, dan orang yang tepat adalah dengan masuk dan menjadi bagian dari komunitas. Tempat-tempat di Indonesia semacam HIPMI, KADIN, atau sekolah pengusaha seperti Enterpreneur University serta komunitas Tangan Di Atas (TDA) atau http://bestpeluangbisnisonline.blogspot.com/ hehehehehehe... bisa menjadi tempat berguru sekaligus berburu. Berguru mencari ilmu kewirausahaan, sekaligus berburu peluang bisnis online dan mencari orang orang terbaik yang bisa dijadikan partner usaha.

4. Kuasai informasi
Seperti yang sudah dibicarakan di atas, Andrie Subono merasa sangat perlu untuk mengetahui berbagai tanggal penting untuk mengatur jadwal pertunjukan musiknya. Karena itu pula, belakangan ia mengaku baru sekitar 7 bulan ini Andrie memanfaatkan Twitter untuk melakukan tes pasar. Ia beberapa kali melemparkan pertanyaan kepada followernya yang saat tulisan ini dibuat mencapai 150.883 orang tentang berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis musiknya. Dari sana, ia mendapat informasi, dan bahkan sekaligus bisa menjual tiket, tanpa harus kerepotan berpromosi kesana kemari. Tentu, bukan hanya Twitter yang bisa dijadikan ajang untuk mencari informasi, Facebook, jejaring sosial lain, serta surat kabar dan televisi pun bisa dijadikan sumber informasi berharga untuk diolah menjadi keputusan tepat guna memenangkan bisnis.

5. Lakukan hal-hal baru
Banyak peluang yang muncul dimulai dari kemauan untuk melakukan hal-hal baru. Michael Dell, pendiri perusahaan komputer Dell menyebut bahwa salah satu cara untuk mengembangkan usaha agar selalu mendapatkan saat dan tempat yang tepat untuk jadi nomor satu adalah dengan melakukan hal-hal baru, bereksperimen, namun tidak lupa untuk terus belajar dengan cepat dari kegagalan yang didapat. Dengan cara itu, perusahaan akan selalu selangkah di depan.


Sumber: Majalah Luar Biasa

0 komentar on Right Man In The Right Place And The Right Time :

Post a Comment and Don't Spam!

Peluang Bisnis Online. Diberdayakan oleh Blogger.

Search